Thursday, December 6, 2012

PANDUAN PRAKTIKUM OCEANOGRAFI (HASILKU) BAGIAN 1 PENGUKURAN KECEPATAN ARUS


selamat pagi kawan kawan kabean....
esuk-esuk kiye inyong agep ng'post tentang hasile inyong praktikum oceanografi ,, anu inyong praktikume nang pelabuhan Mayangan Probolinggo Jawa Timur.... 

selamat menyaksikan....
oh iya kiye bagian pertama pengukuran arus..






Bagian 1

PANDUAN PRAKTIKUM SERTA PEMBAHASAN PADA MATA KULIAH OCEANOGRAFI
SEMESTER SATU(GANJIL)

PENDAHULUAN
                Oceanografi (berasal dari bahasa Yunani oceanos yang berarti laut dan graphos  yang berarti gambaran atau deskripsi juga disebut oseanologi atau ilmu kelautan, adalah cabang dari ilmu bumi yang mempelajari segala aspek ddari samudra dan lautan.
                Oseano fisik meliputi sifat optis air, perilaku cahaya, suhu, arus, gelombang, pasang surut, pencampuran masa air dan angin. Oseano kimia meliputi salinitas, zat-zat yang terkandung didalam di air laut, dan perilaku zat-zat kimia tersebut dalam bentuk sedimen, distribusi maupun persenyawaannya.
1.       Kecepaan arus
Arus laut permukaan merupakan pencerminan dari angin yang bertiup pada waktu itu. Jadi arus digerakan oleh angin. Air lapisan bawahnya ikut terbawa, karena ada gaya coriolis, yakni gaya yang diakibatkan oleh perputaran bumi. Faktor-faktor lain yang menyebabkan terjadinya arus yaitu; bentuk topografi dasar lautan dan pulau-pulau yang ada disekitarnya, gaya coriolis, dan arus Ekman.
Alat-alat serta cara pelaksanaan pengukuran kecepatan arus antara lain:
Alat-alat:
-          Tali rafia
-          Kompas
-          Botol bekas air mineral (600ml) 2 buah
-          Stopwatch
Cara pengukuran:

-          Satu botol bekas air mineral diisi dengan air dan dihubungkan dengan botol bekas yang kosong , menggunakan tali raffia sepanjang 30cm dan diikatkan pada tali rafiia sepanjang 1-2 meter.
-          Botol yang berisi air sebagai pemberat, sedangkan yang kosong sebagai pelampung. Selanjutnya botol dihanyutkan mengikuti arus.
-          Waktu yang diperlukan hingga tali merenggang dicatat (waktu tempuh diukur dengan stopwatch).
-          Kecepatan arus dihitung dengan rumus: v = s : t
o   v= kecepatan arus (m/s)
o   s= panjang tali yang dipakai (m)
o   t= waktu tempuh (s)

Dibawah ini merupakan beberapa literatur atau referensi yang saya atau kelompok saya cari untuk menjawab soal pendahuluan.
1.       Pengertian arus dan macam-macamnya:
Arus merupakan gerakan air yang sangat luas yang terjadi pada seluruh lautan dunia. Arus memiliki arti yang penting dalam menentukan arah pelayaran bagi kapal-kapal (Hutabarat, 2012).
Arus laut merupakan gerakan massa air laut yang berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain (Khoirunnas, 2012)
Macam-macam arus laut ada 2, yaitu: arus permukaan laut disamudra, dan arus dikedalaman samudra (Khoirunnas, 2012).
2.       Manfaat arus bagi kehidupan biota air laut dan dunia perikanan:
Bagi dunia perikanan, arus memiliki arus memiliki peranan penting dalam menentukan arah pelayaran bagi kapal-kapal, sedangkan bagi biota perairan laut, arus berperan dalam distribusi dan tingkah laku ikan serta transport hara (Hutabarat dan Evans, 1985).
Manfaat arus bagi perairan menyangkut penambahan makanan bagi biota dengan pembuangan kotoran, juga menaikan hara dibawah permukaan sehingga menyuburkan laut. Manfaat arus bagi perikanan adalah pada penyebaran plankton dan fitopklanton, karena gerakan air laut berpengaruh (Ashary, 2011).
3.       a. Pengertian Up Welling dan Down Welling.
b. Yang dimaksud dengan Gaya Coriolis, dan penyebabnya.
a. Up welling adalah proses dimana masa air didorong kearah atas dari kedalaman sekitar 100-200m yang terjadi disepanjang pantai barat dibanyak benua. Down welling adalah proses yang mengangkut gerakan air yang tenggelam kearah bawah diperairan pantai (Hutabarat, 2012).
b. Gaya Coriolis adalah gaya yang timbul sebagai akibat perputaran bumi pada porosnya. Gaya ini akan membelokan arah arus dari arah yang lurus (Hutabarat dan Evans, 1985).

1.       Kondisi arah dan kecepatan arus pada saat kami praktikum
Kondisi arah arus dari timur ke barat. Dan kecepatan arusnya yaitu 0,28m/s, dengan panjang tali 5m dan wktu untuk mernggangkan 18detik.
Beberapa literatur: Kecepatan arus yang sesuai 0,2-0,3m/s, cukup sesuai 0,3-0,4m/s, atau 0,1-0,19m/s dan tidk sesuai <0,1 atau > 0,4m/s (Aslan, 1998).
Kecepatan arus yang sangat ideal bagi perairan laut antara 0,2-0,3m/s (Hidayat, 1994).
2.       Mekanisme terjadinya arus
Ketika angin berhembus dilaut, energi yang ditransfer dari angn kebatas permukaan yang memberikan pergerakan air dari kecil kearah perambatan gelombang sehingga terjadilah arus dilaut (Supangat, 2003).

Kesimpulan ( dengan analisa perbandingan literatur )
Kecepatan arus dipermukaan laut ditempat praktikum dikatakan ideal, karena pengukuran yang dialkukan kelompok kami hasilnya ideal dengan perbandingn literatur. Nilai yang didapatkan yaitu 0,28m/s, sedangkan didalam literatur disebutkan kecepatan yang ideal adalah 0,2-0,3m/s.


Mohon maaf bila masih banyak kekurangan dan salah pengetikan,,, maklum saya ngetike juga sebelas jari konn.....

1 comment:

BERKOMENTARLAH YANG BAIK DAN SOPAN