Friday, December 7, 2012

(LANJUTAN) BAGIAN II PENGUKURAN SUHU

selamat pagi temen-temen..
udah sholat subuh apa belum nih.. habis sholat ane sempatkan untuk posting,,
ini lanjutan postingan kemaren yang tentang panduan praktikum,,,
okeh, langsung saja tanpa basa-basi... checkibrooooorrttt......





BAGIAN II
KECERAHAN ..
Pengertian: kecerahan perairan merupakan ukuran penetrasi sinar matahari atau cahaya yang masuk kedalam perairn yang dan mencapai daerah dibawah air, atau dengan kata lain ukuran sejauh mana kita dapat melihat kedalam air.
Bila kecerahan (angka secchi disc) menunjukan angka 100-200m berarti cukup baik keadaanya. Bila kurang dari 100m, phytoplankton terlalu pekat.
PENGUKURAN KECERAHAN
ALAT:
-          Secchi disc
-          Penggaris
-          Karet gelang
-          Tongkat skala
CARA PENGUKURAN:
-          Secchi disc diturunkan pelan-pelan hingga batas pertama kali tidak tampak, ditandai secchi disc dengan karet gelang dan diukur panjang tali serta dicatat sebagai D.
-          Secchi disc diturunkan lebih dalam lagi hingga benar-benar tidak tampak.
-          Kemudian ditarik pelan-pelan hingga hingga pertama kali tampak, ditandai tali secchi disc dengan karet gelang dengan dan diukur panjang tali dan dicatat sebagai D.
-          Rata-rata hasil pengukuran tersebut merupakan nilai kecerahan perairan, dihitung dengn rumus:             D =
SOAL PENDAHULUAN YANG DIBERIKAN OLEH KAKAK ASISTEN:
1.       YANG DIMAKSUD DENGAN KECERAHAN PERAIRAN:
JAWABAN SAYA:
-          Literatur pertama            : Parameter fisika yang erat kaitnnya dengan proses fotosintesis pada suatu ekosistem perairan dimana kecerahan yang jauh kedalam perairan begitu juga sebaliknya (Erick, 2008).
-          Literatur kedua                 : Kecerahan adalah jarak yang bisa ditembus cahaya dalam kolam air dan kedalamanya (Ariz, 2012).
2.       FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KECERAHAN SUATU PERAIRAN:
JAWABAN SAYA:
-          Literatur pertama            :               1. Radisi Matahari
2. Bahan-Bahan yang melayang-layang (Suspended Motter)
3. Nilai kekeruahan diperairan dekat pantai.
(Hutabarat dan Evans, 1985)
-          Literatur Kedua                 :               1. Jumlah cahaya matahari yang masuk kedalam perairan                                                                      
               (Intensitas cahaya matahari).
2. Kekeruhan air (Gusrina, 2008).
      3. KISARAN KECERAHAN YANG BAIK BAGI BIOTA KEHIDUPAN AIR LAUT:
         JAWABAN SAYA:
-          Literatur Pertama            : Menurut Marindro (2007), Kisaran kecerahan yang baik untuk perairan yaitu pada kisaran 24-25cm, jika kurang dari 25cm, maka perairan tersebut banyak terdapat fitoplankton sehingga menyebabkan perairan keruh.
-          Literatur kedua                 : 24-45cm Berarti cukup baik keadaanya, bila kurang dari 25cm, maka fitoplankton terlalu pekat atau banyak (Rustam, 2010).


NAH, SETELAH SELESAI MENJAWAB SOAL PENDAHULUAN SEKARANG KITA MENJAWAB SOAL PENGAYAAN,,,...
OH IYA SOAL PENGAYAAN DIJAWAB SETELAH SAYA PRAKTIKUM. INI DIA SOALNYA:


1.       BAGAIMANA MEKANISME KECERAHAN PADA SAAT PRAKTIKUM:

JAWABAN SAYA:     pertama, siapkan alat-alat yaitu secchi disc untuk mengukur tingkt kecerahan, tongkat skala untuk mengukur D dan D, karet gelang untuk menandai D dan D.
Cara pengukuran: Secchi disc diturunkan perlahan-lahan kedalam perairan laut sampai batas tidak tampak untuk pertma kali, kemudian ditandai dengn karet gelang dan dinyatakan dengan D₁. Kemudian secchi disc diturunkan sampai tidak tampak sama sekali, kemudian ditarik sampai tampak pertama kali dan dinyatakan dengan D₂. Kemudisn untuk menghitung kecerahan menggunakan rumus: D =  Dan pengukuran dilakukan sebanyak tiga kali dalam selang 15 menit.
Literatur yang digunakan yaitu pada soal pendahuluan no 3.

2.       KONDISI KECERAHAN  PERAIRAN PADA SAAT PRAKTIKUM:
JAWABAN SAYA:     Sudah ideal, dan cahaya matahari yang masuk ke perairan laut tempat praktikum hanya mampu masuk  1-3m. Kecerahan yang ideal lebih dari 1m, bila kurang perairan mengalami kekeruhan yang dapat menghalangi cahaya matahari yang masuk kedalam air, sehingga proses fotosintesis menjadi terganggu (Subdit PBSK, 2009). Lebih dari 1meter cahaya matahari sangat penting dalam melengkapi cahya yang dibutuhkan fitoplnkton untuk fotosintesis, dan ini sangat penting untuk kelangsungan hidup hewn dilaut sekitar ( Taufiq, 2009)

SETELAH MELAKUKAN PRAKTIKUM, KESIMPULAN SAYA:
-          Kecerahan yang ada ditempat saya praktikum mempunyai kecerahan yang ideal, berdasarkan literatur yang kami cari bahwa kecerahan yang baik lebih dari 1meter. Dan pada saat praktikum kelompok saya mendapat kecerahan 176,5cm, 185,95cm, dan 147,23cm.




               

No comments:

Post a Comment

BERKOMENTARLAH YANG BAIK DAN SOPAN